Contoh Kasus

1.Pelanggaran Privasi Penyebaran FotoSeseorang Tanpa Izin
Skandal Foto Bugil Ailee


Manajemen Ailee Siap Bawa Kasus Foto Bugil ke Pengadilan Amerika

Ailee dan manajemennya merasa sangat dirugikan atas kasus tersebarnya foto bugil yang menghebohkan beberapa hari ini. YMC Entertainment akan membawa kasus tersebut ke pengadilan Amerika.

Perwakilan YMC Entertainment memberikan keterangan pada media lokal Korea soal rencana itu. Tim mereka akan siap melakukan investigasi di Amerika, tempat foto tersebut di ambil beberapa tahun lalu.

"CEO Jo Yoo Myung telah menunjuk seorang pengacara di Amerika," ungkap perwakilan YMC Entertainment seperti dilansir Soompi, Rabu (13/11/13).

Manajemen tentu akan kesulitan untuk melakukan investigasi dari Korea Selatan. Lagi pula, seperti dijelaskan oleh perwakilan urusan luar negeri Seoul Metropolitan Police Agency, akan sulit jika kasus ini tidak diselesaikan langsung di Amerika.

"Departemen urusan luar negeri di Korea tidak selalu bisa menyelesaikan kasus yang berurusan dengan orang asing. Kecuali manajemen menunjuk pengacara di Amerika," demikian perwakilan Seoul Metropolitan Police Agency.

Mengenai rencana investigasi tersebut, manajemen tak bisa banyak memberikan keterangan. "Kami tidak bisa memberikan detailnya soal rencana ini karena sedang dalam proses penelusuran fakta," tambah mereka.

source

2.Pelanggaran Privasi oleh Software.
Windows 8 dapat mengirimkan data seluruh software yang Anda install ke server Microsoft.


Adalah Nadim Kobeissi, seorang programmer sekaligus analis, yang mengetahui adanya potensi pelanggaran privasi ini. Nadim menemukan Windows 8 dikonfigurasi untuk segera memberitahu Microsoft atas seluruh aplikasi yang Anda install. Tentu hal ini akan membahayakan privasi Anda sebagai konsumen.

Persoalan itu ditambah dengan status Microsoft sebagai salah satu pusat pengumpulan dan pengambilan data. Status ini membuat Microsoft harus menyerahkan data konsumen yang dijadikan target oleh aparat keamanan dan hukum Amerika Serikat. Kondisi lebih buruk dapat terjadi bila Windows 8 beredar di negara yang dalam kekacauan politik atau menjadi lawan Amerika Serikat.

Bahkan problem ini dapat lebih buruk jika hacker dapat meng-intercept data komunikasi SmartScreen ke Microsoft. Hal itu mengakibatkan hacker dapat mengetahui berbagai aplikasi yang telah pengguna download dan install.

Kemungkinan ini terlihat ketika Nadim menemukan bahwa koneksi menuju server Microsoft dari Windows 8 menggunakan SSL v2. SSL v2, menurut informasi Gizmodo.com (24/08), dikenal memiliki kelemahan keamanan dan rawan intercept.

source

3.Pelanggaran Privasi Memanipulasi Foto dan Menyebarkannya
Contoh: Foto bugil mirip Sandra Dewi



Sandra Dewi kembali melakukan preskon untuk meng-klarifikasi foto-foto bugilnya yang merupakan hasil rekayasa orang yang tak bertanggung jawab. Dalam kesempatan tersebut, Sandra didampingi oleh seorang pengamat telematika Roy Suryo dan perwakilan dari Multivision. Dalam pandangan Roy, foto-foto Sandra jelas dan nyata hasil rekayasa semata. “Foto ini jelas merugikan Sandra Dewi secara mental maupun psikis. Untuk gambar kepala, master-nya diambil dari sebuah situs ternama. Dan kejahatan semacam ini memang ada tapi belum ada undang-undangnya,” jelas Roy di Belezza Permata Hijau. Lebih lanjut, kata Roy, dirinya sebagai pengamat telematika dan bukan pakar telematika seperti selama ini banyak disebut media, selalu berusaha memberikan jawaban setiap ada pertanyaan. “Dan baru kali ini ada seorang artis secara tulus menelepon saya. Dalam kasus seperti ini ada tiga jenis motif. Pertama karena korban murni, kedua karena dijebak dan ketiga dengan sengaja orang tersebut menyebarkan untuk sebuah popularitas,”  papar Roy. “Dan kasus Sandra Dewi ini yang pertama. Jelas gambar ini masih terlihat kasar, tapi dengan kemajuan teknologi tidak menutup kemungkinan akan terlihat lebih halus pada tahun mendatang,” tambahnya. Sementara Sandra mengaku bahwa foto-foto bugil hasil rekayasa tersebut merupakan satu bentuk fitnah atas dirinya.


source


0 komentar:

Poskan Komentar